Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kista yang Harus Anda Tahu!!

Jenis penyakit kista - Kista merupakan tumor jinak yang memiliki ciri- ciri berbentuk kistik, berisi cairan kental dan ada juga yang berbentuk anggur. Selain itu, kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah ataupun bahan-bahan lainnya.

Macam penyakit kista -  Berdasarkan tingkat keganasannya, kista dibagi menjadi dua, yaitu kista non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik memiliki sifat jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Berbeda dengan kista neoplastik yang pada umumnya menggunakan cara pembedahan atau operasi untuk diobati meski hal tersebut juga bergantung pada ukuran dan sifatnya. Penyakit kista juga merupakan penyakit yang dianggap berbahaya bagi kaum wanita.

Jenis dan macam kista
Untuk mempersingkat waktu, langsung saja ke intinya!!

Jenis dan macam penyakit kista

1. Kista folikuler 
Kista folikuler adalah jenis kista yang paling sering terjadi dan terbentuk karena sel telur tidak dilepaskan pada saat ovulasi/ proses pelepasan sel telur dari indung telur ke rahim. Nah, kista yang satu ini biasanya menimbulkan rasa sakit. Meski jenis kista ini kebanyakan tidak menimbulkan gejala apapun dan akan menghilang dalam beberapa bulan.
 

2. Kista korpus luteum 
Kista korpus luteum merupakan kista yang terbentuk setelah sel telur dilepaskan dari ovarium. Darah ovarium yang menghasilkan sel telur tersebut akan berubah menjadi jaringan bernama korpus luteum. Korus inilah yang akan menghilang jika tidak terjadi kehamilan.

Biasanya, jenis kista ini tidak menunjukan gajala yang menonjol dan diameternya bisa berukuran 2-6 cm. Ketika telur keluar dari ovarium menuju rahim, maka folikel dapat terkunci dan terisi darah ataupun cairan, dan hal inilah yang membentuk kista jenis korpus luteum.

Timbulnya rasa sakit yang luar biasa ketika ukurannya menjadi bertambah besar dan menyebabkan batang ovarium terlilit. Cara pengobatan yang direkomendasikan adalah dengan melakukan operasi pengangkatan kista.

3. Kista dermoid
 Kista dermoid adalah kista yang berisi jaringan tubuh contohnya lemak, tulang, gigi, rambut dan sebagainya. Kista ini biasa dianggap sebagai tumor jinak dan biasanya menyerang wanita muda dapat tumbuh hingga mencapai 15 cm dan berisi cairan, lemak, rambut, jaringan tulang rawan. Penyakit kista jenis ini dapat menimbulkan peradangan dan menyebabkan posisi tuba fallopi terlili.


4. Kista cokelat /endometriosis
Kista coklat adalah kista yang terbentuk disebabkan adanya jaringan dalam rahim yang terdapat didalam ovarium. Saat siklus menstruasi ia akan mengeluarkan darah tetapi terjebak di dalam ovarium. Hal ini tentu dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit serta mengganggu kesuburan pada wanita.

Kista ini biasanya berisi darah kecokelatan dan memiliki ukuran yang berkisar antara 2 - 20 cm. Kista ini memiliki ciri- ciri  menyerang kaum wanita pada usia reproduksi, menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika wanita tersebut haid dan yang paling berahaya adalah dapat mengganggu kesuburan.

5. Cystadenoma
Adalah jenis kista yang dapat membesar hingga mencapai jari- jari  mencapai lebih dari 24 inchi.

6. Sindrom polikistik ovari
Kista yang satu ini disebabkan karena adanya kelebihan hormon androgen alias faktor keturunan. Faktanya, kista yang satu ini bisa saja menyebabkan kemandulan, pendarahan, gangguan kehamilan dan keguguran hingga menyebabkan kanker endometriosis.

Terkhsus para wanita dengan rentang usia produktif  sebaiknya berhati- hati karena penyakit ini menyerang 4-7% wanita usia produktif.

7. Kista Hemoragik
Kista ini adalah kista yang terjadi jika timbul pendarahan pada kista. Gejala yang biasanya  muncul yakni adanya rasa nyeri dan kram pada perut pada salah satu sisi tubuh.

8. Kista denoma
Kista jenis ini biasanya berisi cairan yang berukuran sangat besar dan dapat mencapai 30 cm bahkan lebih. Polysystic-appearing ovary adalah suatu kondisi dimana kista-kista kecil terbentuk disekeliling luar ovarium. Kondisi ini dapat terjadoa pada wanita normal maupun pada wanita yang mengalami gangguan hormon endokrin.

Nah, sampai di sini artikel kali ini pemirsa, mengenai jenis dan macam kista. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan salam sukses.

This Is The Oldest Page

1 comments so far


Attractive component of content. I simply stumbled upon your blog and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts. Any way I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access persistently fast. gmail login email


EmoticonEmoticon